S1 Perencanaan Wilayah dan Kota

Tentang Program Studi

Akreditasi

B

Website

-

gambar-prodi

Perencanaan Wilayah dan Kota adalah Disiplin Ilmu yang mempelajari kondisi ruang masa kini dan merencanakannya untuk kebutuhan masa depan. Ruang lingkup yang dipelajari mulai dari skala kecil yaitu lingkup RT hingga skala kota dan skala yang lebih luas nasional. Sejalan dengan perkembangan pembangunan yang terus meningkat, kebutuhan akan sarjana di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota mulai dari tingkat Provinsi, kota/ kabupaten terutama Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan pertahanan Nasional (BPN), Pertambangan, Pariwisata, Perindustrian, juga pihak swasta seperti konsultan perencanaan dan lain sebagianya akan terus meningkat. Pendidikan pada Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota ditujukan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan serta membentuk sikap dan pola pikir strategis dan analitis, untuk mendapatkan alternatif pemecahan persoalan pembangunan yang dapat dipertanggung jawabkan  secara teknis dan moral serta disepakati oleh banyak pihak. Untuk itu lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (planologi) dituntut untuk memiliki pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), dan sikap (attitude) untuk menghasilkan alternatif penyesuaian yang tepat dan dapat diterima.

Secara utama program pendidikan ini adalah membentuk tenaga perencana wilayah dan kota dengan kualifikasi akademik dan profesional yang mampu berkiprah dalam bidang perencanaan wilayah dan kota terutama dalam mendukung program pembangunan.

 

 

 

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

SPMB MANDIRI 2024 - Reguler

Reguler

22 Juni 2024 - 9 Juli 2024

Biaya Daftar Rp. 300.000

Prospek Karir

  1. Pegawain Instansi Pemerintah
  2. Pegawai BUMN
  3. Pegawai Swasta
  4. Konsultan Proyek, dll

Materi Pembelajaran

Jangka Waktu Studi yang direncanakan adalah 8 semester dengan beban 144 sks terdiri dari Pendidikan Teori, Praktikum, Kerja Praktek dan Penyususnan Tugas Akhir diantaranya mata kuliah umum dan jurusan sebagai berikut :

Semester I   (20 sks)        Semester V   (21 sks)

Semester II  (20 sks)        Semester VI  (21 sks)

Semester III (21 sks)        Semester VII (15 sks)

Semester IV  ( 20 sks)      Semester VIII (6 sks)

  1. Sistem Sosial dan Kependudukan
  2. Prasaranan Wilayah dan Kota
  3. Teknik Presentasi dan Pemetaan
  4. Permukiman
  5. Hukum dan Administrasi Perencanaan
  6. A M D A L
  7. Perencanaan Lokasi dan Pola Keruangan
  8. Kearifan Lokal Wilayah
  9. Perencanaan Kota
  10. Tata Guna PEngembangan Lahan
  11. Perencanaan Wilayah
  12. Pembiayaan Pembangunan

 



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!